Tips Memilih Bahan Bangunan Yang Baik

Hunian atau rumah sendiri merupakan sesuatu yang di idam-idamkan oleh banyak orang, sehingga ketika kamu menjadi orang beruntung dan memiliki uang untuk bisa membangun suatu rumah, sudah pasti kamu ingin memiliki rumah yang terbaik, untuk bisa memiliki rumah idaman yang terbaik ini kamu bisa mengawali hal tersebut dengan membayangkan desain dari rumah yang akan kamu bangun, dan agar kualitas rumah sangat baik yang pasti kamu harus memilih bahan bangunan yang baik juga.


Dengan menggunakan bahan bangunan terbaik maka kekuatan dari rumah impian kamu ini bisa bertahan lama, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lainnya untuk perbaikan ketika dimana bahan bangunan yang kurang baik akan cepat rusak. Lalu bagai mana cara memilih bahan bangunan yang baik ini? mari kita bahas bersama.

Cara Memilih Pasir

Ketikakamu akan membeli pasir, maka pilihlah pasir yang tidak memiliki kandungan lumpur berlebihan, karena jika tanah yang kamu beli mengandung lumpur yang berlebihan, dikhawatirkan ikatan pasir dengan semen ini tidak akan bekerja dengan baik dan cepat keropos, untuk mengetahui kualitas pasir yang baik ini cukup mudah, yaitu dengan cara kamu menggenggamnya, jika terasa lebih tajam dan tidak menggumpal, maka bisa dipastikan tanah tersebut merupakan tanah yang baik buat bangunan rumah kamu.

Memilih Batu Belah

Sebagai pondasi rumah kamu pasti akan membutuhkan banyak batu, dan untuk menghasilkan kualitas rumah yang baik, pastikan kamu untuk tidak memilih batu bulat, melainkan memilih batu belah, batu belahan ini bisa berwarna hitam atau juga putih kecokelatan, dengan menggunakan batu belahan ini maka cengkraman pada pondasi dinilai akan lebih kuat dari pada menggunakan batu bulat.

Batu Bata

selain batu belah, batu bata juga sering dibutuhkan untuk pembangunan pondasi, dan sekali lagi pondasi ini dibutuhkan batu bata dengan kualitas terbaik agar pondasi rumah yang akan kamu bangun ini kokoh, untuk mendapatkan batu bata yang memiliki kualitas baik juga dirasa cukup mudah, yaitu dengan cara mengetuk-ngetuk batu bata, jika terdengar nyaring dan ringan,sudah dipastikan kualitas batu bata ini cukup baik, karena batu bata tersebut memiliki pori-pori yang kecil sehingga tidak akan menyerap air yang membuat pondasi bangunan menjadi kokoh.

Papan Gipsum

Papan gipsum ini cukup banyak di gunakan di rumah-rumah modern saat ini, papan gipsum ini bisa digunakan sebagai dinding yang memiliki banyak kelebihan dari papan lainnya karena papan gipsum ini tahan terhadab suhu yang lembab, tahan panas, ringan, dan juga fleksibel, untuk mengetahui kualitas papan gipsum yang baik ini kamu cukup dengan memperhatikan permukaan papannya saja, pastikan permukaan dari papan gipsum ini rata atau lurus dan tidak bergelombang.